Harapan Tetap Ada

Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan. Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! – Roma 12:11-12 -

 

Harapan Tetap Ada ~ Hidup di dalam Tuhan adalah hidup yang penuh dengan pengharapan. Jangan biarkan pengharapan yang kita miliki itu menjadi kendor. Bila hal itu terjadi maka iblis akan masuk ke dalam hidup kita dan membuat hidup kita menjadi penuh keraguan.

 

Ada 3 hal yang dapat membuat roh kita tetap menyala-nyala:

1. Bersukacitalah dalam pengharapan

Pengharapan itu selalu ada karena Tuhan sendiri yang telah berjanji. Segala sesuatu yang ada di dalam Tuhan itu indah, maka letakkanlah hidupmu di dalam Tuhan. Titus 2:11-13 “Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus.” Tuhan akan memberikan lebih dari apa yang kita harapan dan Tuhan akan memberikan tepat pada waktunya.

Pengharapan itu bagai sauh yang kuat. Kapal yang diombang-ambingkan badai sekalipun tidak akan karam karena sauh yang kuat. Demikianlah hidup kita. Letakkanlah sauh kita pada Tuhan Yesus karena Yesus adalah batu karang yang teguh. Saat kita mengalami badai hidup, letakkanlah sauh itu kepada-Nya, maka Tuhan sendiri yang akan turun tangan dalam hidup kita. Ibrani 6:9 “Tetapi, hai saudara-saudaraku yang kekasih, sekalipun kami berkata demikian tentang kamu, kami yakin, bahwa kamu memiliki sesuatu yang lebih baik, yang mengandung keselamatan.”

Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikkan

2. Sabar dalam kesesakan

Kita harus bisa bersabar dalam segala penderitaan yang terjadi di dalam hidup kita. Penderitaan akan membawa kita melihat mujizat Tuhan. Tuhan akan memberikan pertolongan diwaktu yang tepat karena waktu yang tepat dari Tuhan itu adalah yang terbaik. Ayub 36:15 “Dengan sengsara Ia menyelamatkan orang sengsara, dengan penindasan Ia membuka telinga mereka.” Kita akan menuai kemuliaan-Nya bila kita mau bersabar. Berkat yang dari Tuhan itu bukan tentang harta ataupun tahta, tetapi damai sejahtera. Ukuran berkat yang Tuhan berikan itu berbeda karena Tuhan selalu memberikan yang terbaik bagi kita. Mazmur 9:19 “Sebab bukan untuk seterusnya orang miskin dilupakan, bukan untuk selamanya hilang harapan orang sengsara.”

3. Bertekun dalam doa

Roma 8:25 “Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.” Ada kuasa dalam doa. Dengan doa maka roh kita akan dikuatkan dan Tuhan akan mendengarkan orang-orang yang berdoa dengan roh. Roh menyampaikan keluh kesah yang tidak dapat kita ucapkan.

 

dan dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan-Nya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar

- Kolose 1:11 -

 

By: Renungan Harian Kristen

Tags:

No comments yet.

Leave a Reply