Jangan Meremehkan Hal Kecil

Jangan Meremehkan Hal Kecil

Beberapa waktu yang lalu, ada seorang wanita yang sangat membanggakan matanya. Mata yang begitu indah dengan bulu-bulu mata lentik menghias bola mata birunya. Tanpa sengaja, percakapan wanita itu dengan orang lain pun terdengar di telingaku.

Wanita yang bermata indah berkata, “Mataku ini lebih berharga daripada bagian tubuh yang lain”. Dengan sombongnya wanita itu menatap kedua matanya dari cermin sakunya. Seorang wanita yang berada di dekatnya pun bersuara, “Suatu saat kau akan mengerti betapa pentingnya bagian terkecil dan tersembunyi dalam tubuhmu.”

Selang beberapa menit kemudian, kedua wanita itu turun dari kereta. Wanita dengan mata indah itu tampak tak memperhatikan jalan saat akan turun dari kereta. Salah satu kakinya masuk dalam celah kecil. Wanita itu merintih kesakitan dengan luka memar pada kakinya. Dia pun membutuhkan bantuan orang lain untuk berjalan. Dapatkah mata membatu wanita itu untuk berjalan?

Seperti itulah kehidupan kita. Kita merupakan bagian dari tubuh Kristus. Janganlah kita hanya memandang pada hal-hal yang besar saja dan meremehkan hal-hal yang kecil. Seringkali kita lupa bahwa semua anggota tubuh saling menopang satu sama lain.

Apa gunanya punya mata yang indah dan dapat melihat segala sesuatu tetapi kita tidak bsa menjangkaunya? Tanpa kaki, kita tidak bisa melangkah ke tempat yang kita inginkan.

Tanpa ibu, tentu kita tidak akan pernah ada di dunia ini. Tanpa para sahabat, tentu kita tidak akan bisa berbagi. Tanpa seorang guru, kita tidak akan pernah bisa membaca, dan tanpa seorang petani tentu kita akan mati kelaparan.

Gedung-gedung tinggi yang berdiri dengan kokoh pun tercipta dari hal-hal yang kecil. Tanpa butiran-butiran pasir yang kecil, gedung itu tidak akan pernah bisa berdiri. Seorang penjahit pun membutuhkan sebuah jarum yang kecil untuk menjahit dan bukan membutuhkan pedang yang besar dan runcing.

Tuhan menciptakan segala sesuatu sesuai dengan porsi dan fungsinya masing-masing. Jangan pernah meremehkan hal kecil karena hal kecil pun bisa menjadi sangat berharga.

Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus, supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan.

1 Korintus 12:24-25

Tags:

No comments yet.

Leave a Reply