Kasih Tuhan

Berfirmanlah TUHAN kepadaku: “Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti TUHAN juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis.”

Hosea 3 : 1

Ayat di atas merupakan perintah Tuhan kepada Hosea, Tuhan menyuruh Hosea menikah dengan seorang pelacur bernama Gomer. Apakah Tuhan tidak salah memberikan perintah? Bagaimana mungkin Hosea yang adalah seorang nabi harus menikahi pelacur semacam Gomer? Apa maksud Tuhan dibalik semua ini?

Tujuan Tuhan memberikan perintah janggal kepada Hosea adalah untuk membuat Hosea mengerti bagaimana perasaan Tuhan saat ia melihat orang Israel berulang kali berbalik dariNya dan melacurkan diri kepada allah-allah lain. Tuhan ingin agar Hosea sebagai nabi bisa mengungkapkan betapa sedihnya hati Allah ketika umatNya melacurkan diri kepada allah lain, sekaligus Tuhan ingin mengungkapkan bahwa Ia sangat mengasihi umatNya, sekalipun umatNya sudah begitu jauh meninggalkanNya.

Tidak jarang kita pun sebagai orang Kristen melacurkan diri kita kepada illah-illah lain. Mungkin pernyataan ini terdengar begitu keras dan kasar bagi telinga kita, tetapi inilah realita yang sering terjadi di dalam kekristenan kita. Begitu sering kita meninggalkan Tuhan demi kekayaan dan materi. Begitu banyak orang kristen menanggalkan imannya dan beralik kepada kepercayaan lain, hanya demi ia dapat menikah dengan orang yang ia kasihi. Tidak jarang pula uang, pekerjaan, kesibukan, karier, hobi, keluarga, bahkan pelayanan bisa menempati prioritas pertama dalam hidup kita.

Tahukah kita bahwa hal-hal seperti itu sangat menyedihkan hati Tuhan. Tetapi yang luar biasa, Tuhan tetap mengasihi kita dan selalu menanti kita sebagaimana anak yang hilang kembali kepada BapakNya. Sungguh sulit untuk mengerti cinta kasih Tuhan di dalam kehidupan kita. Sungguh sulit untuk membayangkan seseorang yang terus mengasihi dengan ketulusan kepada seseorang yang terus menolaknya.

Bagaimana dengan kehidupan rohani kita? Kalaupun memang kita sudah berpaling kepada illah-illah lain, marilah kita kembali kepada kasih Tuhan. Responi panggilan Tuhan hari ini. Bertobatlah dan kembali rasakan kasih Tuhan yang begitu besar kepada kita. Tidak ada yang lebih indah bagi Tuhan selain melihat kita kembali ke dalam pelukanNya.

Tidak ada yang lebih menyedihkan bagi Allah, selain melihat kita berpaling kepada illah-illah lain.

Tags:

No comments yet.

Leave a Reply