Kehidupan yang Baik

Kehidupan yang Baik

Saat saya bertanya tentang arti kehidupan yang baik kepada orang-orang dunia, maka mereka akan mengatakan bahwa hidup yang baik adalah hidup yang berlimpah dengan harta serta ditunjang dengan keberhasilan dalam bidang pekerjaan. Jabatan yang tinggi merupakan kunci utama dimana mereka akan dipandang terhormat.

Kemudian saya bertanya kepada orang-orang Kristen tentang pandangan mereka mengenai kehidupan yang baik. Banyak diantara mereka mengatakan bahwa kehidupan yang baik adalah saat dimana kita bisa memberi tanpa keegoisan, mampu mengampuni saat tersakiti, mampu melupakan ketika mengalami banyak hal buruk, dan mampu mengasihi.

Saya pun juga bertanya kepada orang-orang yang hancur hati tentang kehidupan yang baik. Mereka mengatakan kehidupan yang baik adalah ketika dirinya tidak melakukan kesalahan sehingga tidak merasakan hancur hati. Mereka begitu ingin mendapatkan kehidupan mereka yang dulu.

Menurut saya, kehidupan yang baik bukanlah kehidupan yang selalu terbayang-bayang oleh masa lalu. Kehidupan yang baik adalah cara pandang tentang pengalaman masa lalu untuk bisa dijadikan alat perbaikan untuk masa depan.

Kehidupan yang baik juga bukan hanya tentang bagaimana cara memberi, cara mengasihi, cara mengampuni, cara melupakan, ataupun tentang kesabaran. Kehidupan yang baik adalah kehidupan dimana kita mampu bersyukur atas apapun yang telah kita dapatkan dan kita alami karena segala sesuatu yang telah terjadi dalam kehidupan kita selalu mendatangkan kebaikan.

Masuklah melalui pintu gerbang-Nya dengan nyanyian syukur, ke dalam pelataran-Nya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepada-Nya dan pujilah nama-Nya! 

Mazmur 100:4

Tags:

No comments yet.

Leave a Reply