Menahan Diri

Menahan Diri

Hal yang paling sulit dilakukan oleh manusia adalah menahan diri. Terlalu banyak hawa nafsu yang mempengaruhi pikiran manusia. Mungkin kita bisa berpuasa, menahan haus dan lapar, namun menahan keinginan hati itu yang tidak mudah.

Ada banyak orang yang apabila merasa tersinggung atau tersakiti akan secepatnya meledak/marah. Rasa “tidak terima” akan muncul begitu saja tanpa bisa ditahan. Atau apabila orang lain berbuat sesuatu yang kurang tepat, maka dengan gampangnya mengeluarkan kata-kata yang kasar.

Marilah kita mencoba untuk menahan diri. Menahan segala macam hal negatif yang mungkin akan timbul dari dalam diri kita. Kita hidup di tengah-tengah dunia yang jahat ini adalah untuk menjadi garam dan terang. Kita harus mampu menahan segala macam arus yang mencoba membawa/menyeret kita ke dalam hal-hal yang negatif.

Saat kita menahan diri untuk tidak marah dan tidak mengeluarkan kata-kata kasar, maka secara tidak langsung kita telah menjadi berkat bagi orang lain. Menahan diri merupakan salah satu bentuk dari kasih.

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Amsal 4:23

Tags:

One Response to “Menahan Diri”

  1. Bobo #

    Berbagi kasih, melayani & menahan diri adalah al tersulit, tapi akan coba aku lakukan untuk Mu Tuhan

    August 22, 2013 at 1:11 pm Reply

Leave a Reply