MERDEKA!

Menurut anda, ketika para pejuang bangsa meneriakkan kata, “MERDEKA!!” apa yang sebenarnya ada dalam benak mereka? Merdeka memiliki arti kebebasan. Apakah itu berarti, setelah merdeka lepas dari penjajahan Jepang dan Belanda, mereka bisa berbuat sesuka hati? Dapat melakukan ini dan itu sesuka mereka? Ternyata tidak, setelah mereka terlepas dari kekuasaan para penjajah mereka harus mau tunduk pada kekuasaan negara Indonesia. Intinya sebuah kemerdekaan itu adalah melepaskan diri dari satu kekuasaan untuk menjadi hamba kepada kekuasaan lainnya.

Sadarkah Anda, kemerdekaan yang kita peroleh dalam Kristus pun juga seperti itu. Walaupun kita telah dimerdekakan oleh Kristus tetapi tidak berati kita bisa hidup seenak hati kita, melakukan dosa ini dan itu. Dalam I Petrus 2 ayat 16 dan 17 dikatakan, bahwa hidup sebagai orang merdeka adalah hidup sebagai hamba. Sehingga kita harus menghormati semua orang, mengasihi saudara-saudara, melayani sesama, takut akan Allah dan menghormati raja. Saat kita memperoleh kemerdekaan Kristus itu berarti kita terlepas dari penjajahan si jahat dan hidup sebagai hamba Kristus. Kemerdekaan itu sama sekali bukan karena usaha kita, maka kita kini menjadi hamba dari Dia yang telah memerdekakan kita.

Karena Dia telah melepaskan kita dari masalah, maka sekarang tiap keputusan yang hendak kita ambil harus kita bawa dulu kepadaNya. Karena Dia telah melepaskan kita dari kepahitan masa lalu, maka masa kini dan masa depan harusnya kita serahkan pada Dia juga. Karena kita telah dilepaskan dari penyakit, maka seharusnya tubuh kita kini kita persembahkan bagi Dia saja. Dan karena kita telah dilepaskan dari kuasa dosa, maka hidup kita kini adalah milikNya. Merdeka!

Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah.

1 Petrus 2 : 16

Tags:

One Response to “MERDEKA!”

  1. Nick #

    Terimakasih atas renungannya,. Tuhan Yesus memberkati :)

    August 27, 2013 at 12:17 am Reply

Leave a Reply