Tentang Hati

Tentang Hati

Hati bila dipelajari secara biologis adalah merupakan salah satu organ tubuh manusia. Hati mempunyai banyak fungsi yang sangat berperan bagi tubuh, sebagian fungsi hati adalah mengatur jumlah karbohidrat, membersihkan zat-zat berbahaya, menyimpan mineral dalam tubuh, memproses emulsi lemak, dan dapat menghentikan kerja obat.

Namun hati yang akan saya sharingkan kali ini adalah “hati” yang dari Tuhan. Hati adalah tempat untuk merasakan banyak hal. Hidup kita ini terdiri dari 3 unsur yaitu tubuh, jiwa, dan roh, dan ketiga unsur tersebut berpusat pada hati.

Tubuh kita gunakan untuk berinteraksi dengan sesama, dan jiwa kita berfungsi untuk merasakan banyak hal seperti, senang, susah, kecewa dsb. Dari mana kita bisa merasakan senang? Saat kita mendengar atau melihat hal yang membahagiakan, maka akan dikirim ke otak/pikiran terlebih dahulu sebelum sampai ke hati.

Di dalam hatilah rasa-rasa itu akan diolah untuk selanjutnya kita akan memberikan tanggapan tentang keadaan atau kondisi yang ada. Hati bisa mengolah dan memberikan tanggapan yang baik atau pun yang buruk. Sebuah perpecahan atau pertengkaran ditimbulkan karena mereka tidak bisa menguasai hatinya.

Hati orang percaya Kristus dan yang tidak percaya itu sangatlah berbeda. Hati anak-anak Allah adalah hati yang mengasihi. Di dalam hati kita jugalah Roh Kudus itu bersemayam, sehingga saat kita melakukan kesalahan maka Roh Kuduslah akan selalu menegur kita.

Milikilah hati yang selalu terarah kepada Tuhan. Milikilah hati yang selalu berserah dan percaya kepada Tuhan. Dan milikilah hati sebagai hamba yang selalu setia melayani Tuhan.

Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.

Yosua 1:7

Tags:

No comments yet.

Leave a Reply