Tubuhmu adalah Bait Roh Kudus

Tubuhmu adalah Bait Roh Kudus – Tidak ada seorangpun yang suka jika rumahnya dikotori orang lain. Bayangkan setiap hari kita menyapu, mengepel dan merawat rumah kita. Tapi suatu saat ada teman yang datang dengan membawa anak kecil, tiba-tiba anak kecil tersebut menumpahkan minumannya dan menodai sofa dan karpet ruang tamu kita. Apa reaksi anda? Mungkin saat ada teman kita, kita masih bisa tertawa, ya minimal tersenyumlah, sambil mengatakan, “Sudah tidak apa-apa, maklumlah masih anak kecil.” Tapi saya yakin di dalam hati pasti merasa geram, kecewa, marah, sedih. Semua orang menginginkan rumahnya selalu terlihat bersih, indah, nyaman dan enak untuk ditempati.

Begitu juga dengan Yesus, Dia juga merasa sangat kaget ketika mengetahui Bait Allah digunakan untuk kegiatan bedagang seperti yang diceritakan dalam Lukas 19 : 45 – 48. Saat itu Tuhan marah dan mengusir semua pedagang yang ada di situ. Kita semua tahu bagaimana sakralnya bait Allah pada jaman dahulu. Hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menginjakkan kaki dalam bait Allah, apalagi ditempat mahakudus. Namun oleh penduduk Yerusalem, tempat tersebut dialih fungsikan, bukan lagi untuk tempat ibadah lagi, tapi sebagai pemuas keinginan daging.

Dalam hidup ini, tubuh kitalah bait Allah itu. Ketika kita memanggil Yesus dan menerimaNya sebagai Tuhan dan Juru Selamat, Yesus tinggal dalam diri kita. Jadi tubuh kita adalah bait sucinya Tuhan. Tapi seringkali ada dari kita yang tidak menyadari hal tersebut. Kita jarang, bahkan tidak pernah menganggap bahwa Yesus ada dalam diri kita, sehingga tubuh kita selalu dikotori dengan hal-hal yang bersifat duniawi, seperti yang tertulis pada Galatia 5 : 19 – 21. Percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Mulai sekarang berubahlah, sadarlah bahwa tubuhmu berharga. Kamulah bait Allah itu. Pergunakan tubuhmu untuk kemuliaan Tuhan. Sukakan Tuhan dengan cara hidupmu yang sejalan dengan kehendakNya.

“Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, – dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”

 I Korintus 6:19-20

Silahkan kunjungi Renungan Harian Kristen untuk mendapatkan update renungan rohani setiap hari dan baca juga tentang Komitmen dan Kesetiaan.

Tags:

No comments yet.

Leave a Reply